April 19, 2021 By wishbuuk.info 0

HAKI: Membuat Merek Barang

Sebagai pemilik bisnis, Anda terus mencari cara untuk membangun atau mempertahankan keunggulan kompetitif. Produk dan layanan Anda mewakili nilai dan keunikan Anda di pasar. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengambil langkah-langkah untuk melindungi mereka. Kegagalan untuk melakukannya dapat membahayakan bisnis Anda dan membahayakan kemampuan Anda untuk mendominasi pasar.

Jika bisnis Anda memiliki produk yang perlu diberi merek atau ide yang penting untuk dilindungi, manfaatkan manfaat yang haki disediakan oleh undang-undang. Tujuan undang-undang hak cipta dan merek dagang adalah untuk mencegah perusahaan Anda menghadapi persaingan tidak sehat. Ketika Anda telah menginvestasikan waktu dan upaya untuk mengembangkan sesuatu yang memberi Anda keunggulan kompetitif, Anda akan ingin melakukan upaya yang sama untuk melindunginya. Hal terakhir yang Anda inginkan adalah pesaing mengambil merek atau ide yang tidak dilindungi, dan menggunakannya untuk keuntungan mereka sendiri.

Mengembangkan dan membawa produk atau layanan Anda ke pasar membutuhkan waktu, tenaga, dan uang. Tanpa memperhatikan hak cipta atau merek dagang, entitas lain dapat meniru penawaran Anda dan berdampak serius pada keuntungan Anda di pasar. Jika Anda tidak mengambil langkah yang diperlukan untuk melindungi bisnis Anda, membuktikan pelanggaran hak cipta atau merek dagang di pengadilan bisa menjadi tantangan.

“Kekayaan intelektual” adalah istilah umum yang digunakan untuk jenis informasi, ide, atau benda tak berwujud tertentu lainnya. Istilah tersebut mencerminkan konsep bahwa informasi, ide, atau tidak berwujud adalah produk dari pikiran atau intelek dan dengan demikian dapat dilindungi oleh hukum dengan cara yang sama seperti properti.

Merek dagang dan paten adalah dua cara untuk melindungi kekayaan intelektual. Paten biasanya digunakan untuk melindungi barang-barang seperti elektronik dan mesin. Namun, arena item yang dipatenkan telah diperluas dan sekarang mencakup proses bisnis dan algoritme perangkat lunak. Misalnya, bisnis Anda mungkin telah menciptakan metode penggunaan proses atau produk yang berbeda dan dapat dipatenkan. Perbedaan utama antara merek dagang dan paten adalah bahwa merek dagang dapat diperbarui selama masih digunakan dalam bisnis. Paten memberikan hak eksklusif untuk jangka waktu tertentu.

Cara lain untuk melindungi keuntungan perusahaan Anda adalah memiliki produk bermerek dagang (atau layanan “bertanda layanan”). Ini termasuk nama perusahaan Anda. Perlindungan merek dagang dibuat untuk melindungi simbol, suara, warna, nama, dan kata. Coca-Cola, Nike, dan bahkan suara Tony the Tiger semuanya bermerek dagang. Perlindungan merek dagang hanya berlaku untuk satu bidang bisnis. Jadi, jika perusahaan Anda mengembangkan lini pakaian yang disebut “Apple”, kemungkinan besar Anda tidak akan melanggar perusahaan komputer dengan nama yang sama. Namun, ini bisa menjadi area yang kompleks dan rumit untuk dinavigasi. Setiap pertanyaan atau masalah tentang merek dagang harus dibawa ke pengacara yang berspesialisasi dalam bidang hukum ini.

Anda juga dapat melindungi ide-ide perusahaan Anda, yang akan mencakup hal-hal seperti artikel, musik, kartun, dll. Jika perusahaan Anda merekam atau menulis sesuatu, undang-undang hak cipta saat ini memberikan perlindungan, dan Anda secara otomatis memiliki hak cipta. Satu-satunya saat ide Anda tidak memiliki hak cipta adalah jika Anda menyerahkan semua atau sebagian hak cipta Anda kepada seseorang atau sesuatu yang lain, atau secara khusus membuatnya tersedia di domain publik.