May 1, 2021 By wishbuuk.info 0

Membuat Branding produk

Beberapa kampanye pencitraan merek begitu kuat, sehingga dikenal hampir di mana pun di dunia. Apakah mereka menekankan iklan televisi, situs web, media sosial, atau pemasaran acara mereka – komponen tertentu membuat mereka unggul di atas persaingan, membuat kesan yang mudah diingat, dan, jika benar-benar “kuat” menurut definisi pemasaran, menjual produk atau layanan. Jadi apa sajakah komponen kampanye pencitraan branding merek yang kuat ini?

Penting untuk merencanakan dan menerapkan kampanye pencitraan merek dengan hati-hati (tetapi tidak dengan malu-malu). Pencitraan merek yang efektif menjadi lebih penting dari sebelumnya di pasar yang sangat kompetitif dan berantakan saat ini. Memang benar apakah Anda menjual obat-obatan atau pizza, perangkat medis atau mainan, layanan rumah sakit atau layanan perbaikan mobil … apakah masalah Anda adalah pemasaran medis dan iklan perawatan kesehatan khusus atau barang kemasan dan iklan pasar massal. Sebagian besar segmen pasar memiliki pemimpin berpengalaman serta sejumlah pendatang baru … dan terkadang berbagai macam pemangkas harga dan “penggigit pergelangan kaki” (seperti kutu). Bahkan produk dan layanan terbaik pun bisa tersesat dalam kekacauan. Kebanyakan mendapat perhatian yang mereka butuhkan dan pantas mereka dapatkan karena mereka memiliki “barang”:

Produk bagus

Sebagian besar merek bagus tidak bagus hanya karena pemasaran dan periklanannya. Pertama dan terpenting, mereka adalah produk yang bagus.

Perencanaan yang bagus

Pencitraan merek terlalu penting dan terlalu mahal untuk dilakukan dengan santai atau sembarangan. Penting untuk memiliki rencana yang jelas, termasuk parameter anggaran yang jelas.

Mitra yang baik

Dengan sedikit pengecualian, pemasaran adalah upaya kolaboratif. Apakah kolaborator Anda adalah produsen atau distributor Anda atau biro iklan Anda, atau semua ini dan lebih banyak lagi, kesuksesan dalam dunia bisnis saat ini menuntut kemitraan yang dikelola dengan baik.

Semoga berhasil

Mari kita hadapi itu: pemasaran adalah latihan subjektif. Tidak ada jawaban benar atau salah mutlak. Itu membutuhkan lompatan iman … panggilan penilaian … dan mengambil risiko. Kerja keras membuahkan hasil. Tapi semoga berhasil juga membantu.

Branding yang bagus

Inilah potongan terakhir dari teka-teki itu. Jika produk atau layanan Anda bagus dan mitra Anda bagus, tetapi merek Anda lemah, Anda dalam masalah. Semoga keberuntungan menyelamatkan Anda, karena branding yang buruk bahkan dapat menenggelamkan produk yang baik.

Branding yang baik “3 besar”

Ini adalah tiga komponen fundamental dari branding yang kuat:

1. Arahan strategis yang kuat

Ketika informasi penting tertentu jelas, inisiatif pemasaran siap untuk sukses:

Penargetan: Siapa audiens yang dituju untuk komunikasi Anda? Apa demografinya: usia, jenis kelamin, lokasi, tingkat pendapatan, tingkat pendidikan, dan karakteristik pembeda lainnya? Apa psikografinya: kebutuhan, keinginan, masalah, dan pola pikir mereka secara keseluruhan?

Positioning: Apa “proposisi penjualan unik” merek Anda? Apa yang membuatnya berbeda dari, dan lebih baik dari, para pesaing? Apa manfaat utama yang diberikannya kepada audiens target Anda? Pemosisian merek menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dengan jelas, singkat, dan meyakinkan.

Pesan: Apa atribut merek Anda yang memungkinkannya memenuhi janji pemosisian? Apa sajakah fitur dan manfaatnya?

2. Arahan taktis yang kuat

Branding bergantung pada komunikasi-membangun hubungan dengan pelanggan Anda. Pada akhirnya, merek bukanlah produk atau layanan; itu adalah janji. Mengekspresikan janji kepada orang yang tepat pada waktu yang tepat berarti menciptakan taktik komunikasi yang tepat di media yang tepat. Sebuah rencana taktis yang baik memanfaatkan secara efektif setiap titik kontak yang sesuai dengan audiens target Anda.

3. Arahan kreatif yang kuat

Di sinilah kampanye pencitraan merek yang kuat benar-benar bersinar. Kampanye yang benar-benar kreatif adalah sesuai strategi, sesuai pesan, dan menarik secara estetika. Landasannya adalah sebuah konsep, sebuah ide yang menarik dan menarik perhatian audiens target kemudian memotivasi mereka untuk mengambil tindakan. Apa yang membuat arahan kreatif kuat? Eksekusi luar biasa dalam desain, copywriting, dan eksekusi, baik itu pemrograman situs web, produksi tempat siaran, atau persiapan promosi cetak.